Seluruh Pimpinan dan Staff UPT Pendidikan Wilayah II, Kecamatan Ngambon, Tambakrejo, dan Ngasem, Mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam 2018, 1 Muharram Tahun 1440 Hijriyah, dengan datangnya Tahun baru Islam kita songsong dengan saling memaafkan segala kesalahan selama satu tahun ke belakang. Mohon maaf

Penyelenggaraan Pelatihan Kurikulum 2013 di SDN Kepohkidul II Kedungadem

UPTD Pendidikan Ngambon | 23.38 | 0 komentar

UPT Pendidikan Ngambon :

Kepala SDN Kepohkidul II,
dalam Sambutan Acara Pembukaan Pelatihan K13
Pusat Pengembangan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan BOE (PPPPTK Bidang Otomotif dan Elektronika) Malang menyeleng-garakan pelatihan implementasi Kurikulum 2013 bagi guru sasaran di Kabupaten Bojonegoro. Pelatihan ini akan diselenggarkan pada tanggal 7 Mei sampai dengan 2 Juni 2018.

Pelaksanaan pelatihan Kurikulum 2013, di Bojonegoro diselenggaran di beberapa kecamatan antara lain, di Kecamatan:

Tempat Pelaksanaan/Kecamatan
Tanggal Pelaksanaan
Gondang,
7 – 12 Mei 2018
Kedungadem, Temayang, Kapas, Sumberrejo, Baureno, Kepohbaru, Kanor, Ngasem, Tambakrejo, Padangan, Malo, dan Margomulyo.
11 Mei sampai dengan 16 Mei 2018.
Bojonegoro, Gayam, Ngambon,
28 Mei – 2 Juni 2018

Dalam penyelenggaraan di Kecamatan Kedungadem, bertempat di SDN Kepohkidul II, yang merupakan salah satu SD inti, di Kecamatan Kedungadem bagian barat yang di pimpin oleh Kepala Sekolah Bapak Ngudiana.

Fitri Fita Meilina sedang praktik Pembelajaran Pendidikan
Agama dan Budi Pekerti 
Untuk mengawali Pada penyelenggaraan pelatihan kurikulum 2013 guru sasaran ini di buka oleh bapak Soenarto, Korwas Kecamatan Kedungadem. Hadir dalam pembukaan tersebut adalah Panitia Penyelenggara P4TK BOE Malang Bapak Dede Syaihumishbah, Kepala SDN Kepohkidul II, para Instruktur Kurikulum 2013, Bapak Siswo Hendro Wahono, Mutahal, dan Masruhin, serta seluruh peserta pelatihan sebagai guru sasaran yang berjumlah 85 orang guru.

Penyelenggaraan pelatihan ini terbagi dalam tiga kelas, yaitu Kelas Agama berjumlah 27 orang, dengan instruktur Masruhin, sedangkan Kelas Atas sebanyak 29 orang, dengan instruktur Siswo Hendro Wahono , dan Kelas Bawah 29 orang dengan instruktur Mutahal. Semua peserta pelatihan berasal dari Kecamatan Kedungadem.

Tujuan diadakan Pelatihan Kurikulum 2013 guru sasaran ini adalah:
1. Peserta mampu menganalisis keterkaitan SKL, KI, KD, Indikator dengan benar.
2.  Peserta mampu merumuskan indikator sesuai dengan kompetensi dasar muatan pelajaran.
3.  Peserta dapat memahami perancangan pembelajaran tematik terpadu yang terintegrasi penguatan karakter peserta didik melalui PPK berbasis kelas, PPK berbasis budaya sekolah, dan PPK berbasis masyarakat, dengan kegiatan literasi, 4 C dan HOTS menjadi strategi implementasinya.

Sedangkan Hasil yang diharapkan dari pelatihan ini adalah guru dapat meningkatkan pemahaman mengenai SKL, KI, KD, dan indikator serta pembelajaran tematik terpadu yang dijiwai oleh penguatan karakter peserta didik melalui PPK berbasis kelas, PPK berbasis budaya sekolah, dan PPK berbasis masyarakat dengan kegiatan literasi, 4C dan HOTS menjadi strategi implementasinya.

Kelas Agama Kecamatan Kedungadem bersama Instruktur
Panitia, dalam penyelenggaraan pelatihan ini memberikan fasilitas beberapa alat tulis dan modul bimbingan teknis instruktur kurikulum 2013 di sekolah dasar dan flahsdish kepada seluruh peserta sasaran pelatihan kurikulum 2013 di SDN Kepohkidul II ini, sehingga diharapakan peserta siap mengikuti kegiatan-kegiatan sesuai jadwal dengan semangat dan penuh antusias, walaupun peserta pelatihan ini ada beberapa yang berdomisili jauh dari tempat penyelenggaraan.

Dalam pelatihan Kurikulum 2013 ini menggunakan perangkat pendukung Kurikulum 2013 yang telah disiapkan serta panduan teknis Kurikulum 2013. Seluruh perangkat tersebut merupakan revisi modul tahun 2017 dan dimaksudkan untuk memberikan pemahaman secara teknis tentang kebijakan dan substansi Kurikulum 2013, meningkatkan kompetensi pelaksana Kurikulum 2013, dan meningkatkan kompetensi guru dalam merencanakan, melaksanakan proses pembelajaran dan penilaian di sekolah.(rh)







Category:

About GalleryBloggerTemplates.com:
GalleryBloggerTemplates.com is Free Blogger Templates Gallery. We provide Blogger templates for free. You can find about tutorials, blogger hacks, SEO optimization, tips and tricks here!

0 komentar