Pages

Sabtu, 29 September 2012

Tahun Pelajaran 2013/2014 Pemberlakuan Kurikulum Pendidikan Baru

UPTD Ngambon :
Kurikulum adalah perangkat mata pelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan. Yang salah satu fungsinya adalah Sebagai alat mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan.

Setelah dikaji dan di evaluasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) selama ini, kurikulum dinilai sangat membosankan dan memberatkan peserta didik. Maka di tahun pelajaran 2013-2014 akan diberlakukan kurikulum baru. Dengan kurikulum baru itu, nantinya model pembelajaran di sekolah akan bersifat tematik dan lebih mengarah ke pembangunan karakter.

Dengan konsep tematik akan semakin memberikan ruang gerak bagi siswa untuk mengekspresikan potensi-potensinya. Dengan demikian, dapat memberikan kekuatan bagi anak didik.

Kurikulum baru tersebut rencananya segera diterapkan setelah melewati uji publik beberapa bulan sebelumnya. "Pembahasannya masih berlangsung, nanti akan diuji publik, dan Februari 2013 semuanya akan rampung," kata Nuh, di Jakarta, Dikutip dari Kompas (19/9/2012).

Ia menjelaskan, kurikulum pendidikan yang baru akan menyentuh semua jenjang pendidikan. Dari pendidikan dasar, sampai ke pendidikan tinggi. Kurikulum baru itu, tambah Nuh, merupakan hasil dari evaluasi pada seluruh mata pelajaran.

Timnya sendiri dibagi dua, tim pertama mengevaluasi dan menyusun kurikulum pendidikan dasar serta pendidikan menengah, sedangkan tim kedua mengevaluasi dan menyusun kurikulum pendidikan tinggi.
"Ini pekerjaan besar, mudah-mudahan bisa rampung sesuai target. Masih dalam pembahasan, dan semua serba mungkin," jelas Nuh.

Dalam kesempatan itu, Nuh juga mengungkapkan bahwa pihaknya tidak "mengiblatkan" kurikulum dari negara asing tertentu. Yang jelas, kata dia, kurikulum pendidikan baru ini merujuk pada negara-negara OECD, dan negara-negara yang memiliki karakter sangat kuat. "Kita tidak fokus meniru pada satu negara asing tertentu. Tapi kita bisa tiru kekuatan karakter Jepang dan Korea. Mereka unggul dalam ilmu pengetahuan, tapi tetap menjunjung tinggi nasionalisme bangsanya.

Tokoh-tokoh pendidikan yang diajak membuat kurikulum di antaranya adalah Rektor Universitas Paramadina Anies Basweda. Perubahan kurikulum ini merupakan program besar dari Kemdikbud yang dimulai sejak tahun 2010.

Semoga Perubahan kurikulum dari tahun ke tahun yang diambil pemerintah dapat merubah pendidikan yang efektif dan efisien, dengan meningkatkan kompetensi dan profesionalitas guru atau pendidik serta dapat meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia pada umumnya. sejalan dengan kenyataan kebutuhan di lapangan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar