Seluruh Pimpinan dan Staff UPT Pendidikan Wilayah II, Kecamatan Ngambon, Tambakrejo, dan Ngasem, Mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam 2018, 1 Muharram Tahun 1440 Hijriyah, dengan datangnya Tahun baru Islam kita songsong dengan saling memaafkan segala kesalahan selama satu tahun ke belakang. Mohon maaf

Fasilitas Hak Akses Akun Dapodik (Data Pokok Pendidikan Indonesia) Tingkat Sekolah

Unknown | 15.17 | 0 komentar


Hak Akses Dapodik Khusus Bagi Sekolah.

Situs ini adalah pusat media informasi layanan pengelolaan Nomor Induk Siswa Nasional bagian dari program DAPODIK (Data Pokok Pendidikan Nasional) . NISN adalah standar kode pengenal untuk siswa sekolah yang unik dan berlaku nasional dalam rangka pengelolaan data siswa secara nasional secara akurat dan akuntabel.

Fasilitas hak akses dapodik sekolah disediakan khusus bagi sekolah-sekolah yang berminat untuk melakukan pengelolaan dapodik secara mandiri dan langsung online. Sekolah yang telah aktif terdaftar memiliki hak akses dapodik akan bertanggung jawab sepenuhnya terhadap keabsahan dan kelengkapan data sesuai ketentuan pengguna yang ditetapkan. Informasi pendaftaran akun tersedia di http://nisn.depdiknas.go.id atau http://npsn.depdiknas.go.id

A. HAK AKSES SEKOLAH.

Fasilitas akses Dapodik yang diberikan kepada pihak sekolah, meliputi:

1. Pengajuan NISN baru
Pihak sekolah dapat melakukan proses pendaftaran para siswanya untuk terdaftar dan mendapatkan Nomor Induk Siswa Nasional secara langsung ke sistem Dapodik Pusat.

2. Pemutakhiran data siswa
Pihak sekolah dapat melakukan proses pemutakhiran (update) baik perbaikan /perubahan data siswa yang disediakan secara langsung online ke sistem Dapodik Pusat. Pemutakhiran yang dimaksud meliputi: biodata siswa, status aktif/tidak aktif, status kenaikan kelas dan status kelulusan siswa.

3. Pemutahiran data sekolah
Pihak sekolah dapat melakukan proses pemutakhiran (update) baik perbaikan/perubahan data sekolah yang disediakan secara langsung online ke sistem Dapodik Pusat. Pemutakhiran yang dimaksud, meliputi: Nama Sekolah, Alamat Lengkap, Status Negeri/Swasta, Info NSS, Data Kepala Sekolah, dan Data Guru.

B. MANFAAT UNTUK SEKOLAH
 
Pihak Sekolah dapat mengelola secara mandiri kelengkapan dan validitas data siswa dan sekolahnya secara online ke pusat sistem Dapodik.
Pihak Orangtua/Wali Siswa dapat langsung melakukan proses verifikasi dan validasi data siswa terkait langsung ke pihak sekolah.
Pihak Sekolah dapat mengoptimalkan pendayagunaan data dan informasi Dapodik untuk kepentingan masing-masing secara lebih mudah dan efektif.

Category:

About GalleryBloggerTemplates.com:
GalleryBloggerTemplates.com is Free Blogger Templates Gallery. We provide Blogger templates for free. You can find about tutorials, blogger hacks, SEO optimization, tips and tricks here!

0 komentar